Minggu, 17 Juni 2012

KEKUATAN IRAN

REPUBLIKA.CO.ID, Seorang pejabat Kementerian Perminyakan Iran mengatakan negara itu memiliki cadangan minyak mentah terbesar ketiga di dunia setelah Arab Saudi dan Venezuela, dengan kapasitas 156 miliar barel.

Mohsen Khojasteh-Mehr, wakil menteri perminyakan urusan perencanaan dan pengawasan atas sumber daya hidrokarbon, Ahad (17/6) mengatakan selain minyak cadangan gas alam Iran menempati peringkat terbesar kedua di dunia setelah Rusia.
Terkait posisi Iran di Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), Khojasteh-Mehr menyatakan bahwa Iran menempati urutan kedua di organisasi itu, dan outputnya saat ini sesuai dengan kuota.
"Iran saat ini memproduksi sekitar 670 juta meter kubik gas per hari, sekitar 30 persennya diekspor ke Turki dan Azerbaijan," tambahnya.
Pejabat migas itu juga mencatat bahwa Iran mengatur ekspor gas alam cair (LNG) pada tahun kalender mendatang Iran (dimulai 20 Maret 2013). Gas yang diperlukan untuk produksi LNG akan dipasok oleh fase 11 dan 12 dari ladang gas Pars Selatan.
Ladang gas Pars Selatan dibagi dengan Qatar. Bagian Iran, yang terbagi menjadi 24 tahap, memiliki sekitar 14 triliun meter kubik gas, atau sekitar delapan persen dari cadangan total dunia, dan lebih dari 18 miliar barel sumber gas alam cair.

Redaktur: Endah Hapsari
Sumber: IRIB/IRNA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar